Menurut Para Ahli, pola makan buruk lebih berbahaya dibandingkan rokok.
menurut peneliti hal yang menyebabkan kematian adalah jarang nya makan sayuran, gandum, buah, dan makanan berserat mungkin sangat sepele, tetapi itu lah hal yang memnyebabkan kematian menurut para peneliti.





"Pola makan yang buruk, dapat memberikan peluang untuk membunuh diri kita sendiri. Kita adalah apa yang kita makan,"
ungkap Dokter Ashkan Afshin, yang menerbitkan hasil penelitiannya di Lancet Medical Journal, dilansir dari Daily Mail UK (04/04).

dalam penelitiannya, ia menemukan kurang lebih sekitar 89.900 kematian per tahunnya disebabkan oleh pola makan yang buruk di Inggris. Hal tersebut sangan berbanding kecil dengan kasus kematian yang di sebabkan karena merokok, sekitar 96.600 kasus kematian.

Tak hanya itu, organisasi Tam Fry of the National Obesity Forum juga menjelaskan hal yang sama.


"Kita sudah mengetahui selama bertahun-tahun, bahwa makanan apa yang orang makan bisa membunuh mereka. Tapi pemerintah tidak melakukan apapun, untuk memperhatikan pesan ini,"
Para Ahli dari University of Washington di Amerika, mangatakan sebagian besar kasus kematian yang berhubungan dengan pola makan, berhubungan dengan serangan jantung, diabetes, hingga kanker.

Data ini diperkuat dengan adanya stastistik resmi,tentang masih banyaknya orang yang masih tidak mau mengonsumsi buah dan sayuran. Tapi pertumbuhan junk food, atau makanan yang kurang sehat terus meningkat pesat.

Setidaknya ada lebih dari 5.800 restoran yang dibuka dalam waktu kurang dari empat tahun. Menyebabkan sepertiga populasi anak-anak, memiliki berat badan yang berlebih.

data kematian dari Cambridge University menemukan bahwa, ada lebih dari 127 kematian yang disebabkan oleh makanan, dari 100.000 kematian di Inggris pada tahun 2017. Kemudian di Amerika kasus kematian ini mencapai 171, dari 100.000 kasus kematian. Disusul dengan China sebesar 350 kasus kematian, dan Afghanistan yang memiliki kasus 892 kematian karena makanan.


"Lewat penelitian ini menegaskan kebenaran yang menyedihkan, bahwa pola makan yang buruk, merupakan penyebab kematian dalam jumlah yang besar. Dibandingkan faktor risiko lain di dunia," ungkap Tracy Parker selaku perwakilan dari British Heart Foundation.
Penyebab kematian yang berhubungan dengan makanan ini, telah terbukti secara ilmiah. Menurut Dokter Anna Diaz Font, dari World Cancer Research Fund. Ia menemukan bahwa pola makan yang buruk, dapat meningkatkan risiko terserang kanker dan juga obesitas. Hal ini juga bisa menambah risiko terserang 12 jenis kanker.