Desain unibodi berbalut material metal, kamera berbentuk bulat yang terletak di pojok kiri atas bagian belakang, serta tujuh buah lubang presenter pada sisi bawah membuat fisik Oppo F1 Plus tampak seperti apple iphone 6 And.

Tak hanya sebatas itu, kedua phablet tersebut juga datang dengan dimensi layar yang sama, yakni 5,5 inci dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080).

Terlebih, Oppo F1 Plus dipasarkan dengan dua varian warna yang mirip dengan apple iphone, yakni Gold dan Rose Gold.

Dengan segala kemiripannya tersebut, Oppo langsung menyangkal bahwa desain phabletnya mirip dengan ponsel pintar besutan Apple.

"Sebenarnya tidak mirip banget, sih. Balik lagi ke survei. Nah, kebetulan banyak responden yang menginginkan ukurannya segitu (5,5 inci), belakangnya membulat, rounded dan enak dipegang. Tapi pada dasarnya itu tidak mirip," kata Aryo Meidianto Aji usai acara peluncuran Oppo F1 Plus di Jakarta Kamis (21/04).

Aryo word play here menjelaskan bahwa sebelum Oppo meluncurkan suatu produk, mereka akan mengadakan survei selama 3 bulan sebelum waktu peluncuran.

Tak hanya di Indonesia, survei tersebut juga dilakukan di seluruh negara yang menjadi intended pasar penjualan ponsel Oppo.

"Kita survei kebiasaan masyarakatnya tentang hal-hal information mengenai handphone seperti apa yang dibutuhkan, seperti kamera, bentuk, mau mereka seperti apa, itu yang kami wujudkan," tutup Aryo.

Sayangnya, ia mengaku tak memiliki data tentang berapa banyak jumlah responden yang mengikuti survei tersebut.