Langkah Lenovo untuk memproduksi smartphone Android kelas superior makin tak terbendung. Setelah ZUK Z1 (yang sempat bikin isu soal ijin postel) lalu keluar ZUK Z2 Pro. Tampaknya Lenovo masih melakukan penjualan tidak melalui retail biasa, alias online.

Akan halnya Z2 Pro yang bisa bikin pabrikan lain kaget dan bukan tidak mungkin melakukan langkah serupa. Adalah memori RAM yang tiba-tiba melesakkan 6 GIGABYTE untuk varian "tremendously'" dengan memori 128 GB ROM. Tak hanya itu, jika dulu user interface-nya (UI) mengandalkan CyanogenMod, kali ini ZUK menawarkan UI swadaya bernama ZUI yang berkolaborasi dengan Android Marshmallow.

Catatan menarik lainnya, Z2 Pro merupakan pasukan pertama Lenovo yang menggunakan prosesor "extremely", Snapdragon 820. Tampak benar ingin setara dengan Samsung Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5.

Pada kamera utama walaupun enggan menambah resolusi, tetapi bukaan kamera 13 MP yang digunakan memiliki wide slant lebih, yaitu f/1.8. Dulunya pada Z1 menggunakan f/2.2. Sama halnya dengan kamera selfie, masih 8 MP dengan bukaan f/2.0, sementara sebelumnya f/2.2.

Namun ada pula pengurangan spek seperti dimensi layar yang dipangkas jadi 5,2 inci tetapi memakai jenis Super AMOLED. Batarainya pun dikurangi jadi 3.100 mAh.